Bendul Merisi Utara VIII No. 8
Surabaya - Jawa Timur

SEJARAH YAYASAN AURICA

Pada akhir Desember 1999, beberapa orang tua yang merasa tidak puas dengan penanganan anak mereka yang mengalami gangguan pendengaran, berkumpul.

Read More

VISI MISI YAYASAN AURICA

Menjadi Lembaga Yang Memberikan Layanan Habilitasi/Terapy dan Layanan Pendidikan Tanpa Diskriminasi

Read More

KEPENGURUSAN KB-TK

Struktur Pengurusan KB - TK Aurica

Read More

Pendidikan Anak Usia Dini

 Lanjut Baca

KB-TK AURICA

Yayasan Aurica didirikan tahun 2004. Semula berupa perkumpulan orang tua yang anaknya mengalami gangguan pendengaran yang dibentuk tahun 1999. Tujuannya adalah melakukan kegiatan parents support group dan sosialisasi penanganan gangguan pendengaran melalui metode Auditory Verbal Therapy (AVT). Kegiatan parents support group dilakukan di RSUD dr Soetomo & RS HCOS Surabaya. Sejalan dengan semakin berkembangnya kegiatan, akhirnya dilegalkan dalam bentuk yayasan pada tahun 2004 dengan nama yayasan Aurica. Kegiatan utamanya adalah melakukan habilitasi gangguan pendengaran dengan metode AVT.

Lanjut

AUDITORY VERBAL THERAPY

AVT (Auditory Verbal Therapy) adalah metode pembelajaran yang ditujukan bagi anak gangguan dengar.

Lanjut

KATA MEREKA

Tentang Yayasan Aurica

Satu untuk Aurica, luar biasa dan rekomendasi. Sekolah dengan dedikasi untuk anak Surabaya. Didampingi pendidik dan yayasan dengan loyalitas khusus untuk anak berkebutuhan khusus.

Syaiful Bachri
Ketua LPA

Disekolah KB – TK Aurica ini ada layanan terapisnya, ada layanan bermainnya, ada lanyanan Sensori Integrasinya, sehingga anak anak disana senang dalam mengikuti Pembelajaran, dan khususnya anak anak yang berkebutuhan khusus sangat terbantu dengan sistem pendidikan inklusif yang diterapkan

Danang Sasongko
Sekjen Komnas Perlindungan Anak Prov. Jatim

Selain layanan terapi AVT, di Yayasan Aurica juga menyediakan layanan Kelompok Bermain dan Taman Kanak Kanak dalam program Pendidikan Inklusif, yang memberikan kesempatan anak anak Berkebutuhan khusus, khususnya anak gangguan pendengaran untuk belajar bersama dengan teman reguler sebayanya.

Ima Kurrotun Ainin, M.Pd
Dosen S1 Pendidikan Luar Biasa – Universitas Negeri Surabaya

LAYANAN KAMI

PENGAYAAN

Read More

HABILITASI PENDENGARAN

Read More

HABILITASI PENDENGARAN

Read More

TERAPI OKUPATI

Read More

TERAPI INTEGRASI

Read More

PENGAYAAN

Read More

Ditulis oleh Elly Yayasan Aurica

Rasanya senang sekali karena berkesempatan untuk mendapatkan ilmu dan berdiskusi dengan pakar AVT Internasional, Cheryl L.Dickson, M.Ed., LSLS Cert. AVT

Pembahasannya banyaaaaak.. Minggu ini, salah satu pembahasannya adalah mengenai Usia Mendengar.

Usia Mendengar sangat besar pengaruhnya dalam menentukan target dan penanganan anak di tiap bulannya.

Usia Kronologis anak tidak bisa dipaksakan menjadi satu-satunya pijakan dalam membuat target dan penanganan. Justru Usia Mendengar lah yang harusnya dicermati supaya target dan penanganan sesuai dengan kondisi MASING-MASING anak.

Usia Mendengar yang dimaksud adalah dihitung saat anak mendapat manfaat yang signifikan dari alatnya DAN mendapatkan habilitasi yang tepat secara konsisten. 

Dengan kata lain,

  • Alat tersebut sesuai dengan kebutuhan anak dan mampu meng-cover kebutuhan anak
  • Alat tersebut mampu optimal membantu anak dalam mengakses bunyi atau suara sebagai bekalnya mengenal bahasa
  • Alat itu dipakai sepanjang hari (waking hours)
  • Anak menjalani habilitasi secara tepat dan konsisten 

Mari kita hitung usia mendengar anak kita kembali. Lalu lakukan evaluasi, apakah target dan penanganannya sesuai usia mendengarnya, lebih lambat, lebih cepat atau mungkin overload?