Bendul Merisi Utara VIII No. 8
Surabaya - Jawa Timur

Hits: 3
BERNYANYI UNTUK MENGEMBANGKAN SEMUA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK.
penulis : Bunda Meri Yayasan Aurica Surabaya.
Halo anak-anak jumpa lagi dengan bunda Meri, hari ini kita mau bernyanyi lagu “Aku Sayang Ibu”
 
Nyanyi sama-sama yuk!
 
Satu satu aku sayang ibu
Dua dua juga sayang ayah
Tiga tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya
 
Demikian tadi adalah salah satu aktivitas bunda mengajar di kelas yaitu dengan bernyanyi.
Kenapa harus bernyanyi?
 
Bernyanyi adalah kegiatan mengeluarkan suara yang bernada, bisa diiringi dengan musik dan gerakan.
Bernyanyi bisa dilakukan oleh siapa saja baik anak-anak maupun oleh orang dewasa. Bernyanyi tidak harus mempunyai suara yang merdu, tapi dengan latihan yang rajin kita dapat bernyanyi dengan indah.
Benyanyi dapat dilakukan dimana saja, seperti di rumah, di sekolah, di jalan asalkan tidak mengganggu aktivitas orang lain.
 
Dengan bernyanyi, bunda dapat menyampaikan pengetahuan kepada anak dan mudah dipahami oleh anak karena bernyanyi adalah hal yang menyenangkan, tanpa sadar anak menyerap pembelajaran dengan bernyanyi. Adapun manfaat bernyanyi bagi anak yang berhubungan dengan aspek pembelajaran adalah:
 
1.Nilai agama dan moral : Dengan bernanyi anak mudah memahami nilai pesan yang disampaikan, anak belajar mengenal sesuatu yang baik dan tidak baik, anak dapat belajar bersyukur dan lebih dekat kepada sang pencipta.
 
2.Sosial emosional: Pada saat anak bernyayi di depan temannya, anak belajar menumbuhkan rasa percaya dirinya dan tampil dengan baik.
 
3.Bahasa: Bernyanyi dapat menambah kosakata dan meningkatkan kemampuan komunikasi anak, belajar bernyanyi lebih mudah daripada belajar berbicara. Pada saat belajar bernyanyi anak belajar merangkai kata menjadi kalimat.
 
4.Kognitif: Pada saat bernyanyi membuat berbagai otak bekerja, anak harus melatih pendengarannya, anak harus menghafal lirik dan lagu yang akan dinyanyikan. Kegiatan ini dapat meningkatkan konsentrasi anak.
 
5.Fisik/motorik: Dengan bernyanyi anak melatih tubuhnya untuk bergerak sesuai dengan lagu dan irama yang didengar dan dinyanyikannya.
 
6.Seni: bernyanyi dapat merangsang jiwa seni anak, dengan latihan bernyanyi secara intensif anak dapat tampil di panggung seperti seorang idola yang dibanggakan.
 
Jadi, bernyanyi sangat penting bagi anak. Dengan bernyanyi anak dapat mencapai kemampuan optimalnya. Nyanyi lagi yuk….