Bendul Merisi Utara VIII No. 8
Surabaya - Jawa Timur

Oleh Bunda Lilis Yayasan Aurica

Siswa autistik sering harus berjuang keras agar dapat tetap duduk , tetap fokus dan bertahan dalam mengerjakan tugas.Lima pilihan di berikan untuk membantu para siswa " bertahan " dalam situasi spt tersebut di atas.

  1. BERIKAN MEREKA KESEMPATAN UNTUK " MENYIBUKKAN DIRI " misal siswa yg senang menggenggam bola, berikan ia bola berbentuk globe pada saat seluruh kelas sedang belajar tenrang bumi.
  2. PERBOLEHKAN MEREKA UNTUK MENGGAMBAR ATAU MENCORAT CORET Memperbolehkan siswa menggambar juga merupakan teknik yg efektif, misal memberi kesempatan untuk menggambar di sebuah buku, menulis di buku atau mewarnai di lembar kerja.
  3. BIARKAN MEREKA BERJALAN- JALAN. Beberapa siswa bekerja lebih baik bila mereka boleh beristirahat diantara serangkaian tugas, dan boleh melakukannya dengan gaya mereka srndiri ( berjalan - jalan, mengangkat tubuh, atau srkedar berhenti berkerja ). Adapula yg perlu beristirahatdg betjalan selama beberaoa detik samoai 15 mnt.
  4. BERIKAN PILIHAN TEMPAT DUDUK. Tempat duduk yg tepat mungkin bukan hal pertama yg dipertimbangkan guru ketika ia membuat perencanaan bagi siswa autistik.
  5. MINTA BANTUAN PADA SISWA TERSEBUT. Tergantung usia siswa, guru bisa meminta siswa untuk menjelaskan keadaan dan mencari tahu apakah ia memiliki ide- ide untuk memperbaiki keadaan. Bila siswa belum mampu berkomunikasi , para guru bisa meminta bantuan keluarga